Dinamika Mengajar Thariqah Intiqaiyyah Secara Daring

  • Elok Nadlirotul Khusniya UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Abdillah Mahbubi UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Majidatun Ahmala STAI Taruna Surabaya
  • Umi Hanifah UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Metode mengajar daring, Pembelajaran bahasa Arab daring, Thariqah intiqaiyyah daring

Abstract

Thariqah intiqaiyyah merupakan salah satu metode mengajar yang dianggap aktif untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa disebabkan sifatnya yang terintegrasi dengan berbagai metode mengajar bahasa yang lain, seperti thariqah qawaid wa tarjamah, thariqah mubasyarah, dan thariqah sam’iyyah syafawiyyah. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi sebagai media pembelajaran, maka berbagai metode pun disesuaikan dengan sistem daring yang digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran selama pandemi covid-19 berlangsung. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika implementasi thariqah intiqaiyyah dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai upaya menyingkap bagaimana dinamika mengajar thariqah intiqaiyyah yang dilakukan dengan daring. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di lembaga sosial dan pendidikan Selvopment Space Bahasa Arab Batch 6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan thariqah intiqaiyyah yang dilakukan secara daring dapat dilakukan dengan cara yang lebih bervariasi sebagaimana pembelajaran tatap muka, namun disebabkan kendala media, seperti sinyal menyebabkan adanya miskomunikasi antara guru dan siswa terhadap penyampaian pesan selama proses pembelajaran. Namun, evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran, membuat guru senantiasa melakukan inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan kombinasi antar metode dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-07
How to Cite
KhusniyaE. N., MahbubiA., AhmalaM., & HanifahU. (2022). Dinamika Mengajar Thariqah Intiqaiyyah Secara Daring. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Era Milenial, 1(1), 703-714. Retrieved from https://proceedings.uinsby.ac.id/index.php/KPBA/article/view/902

Most read articles by the same author(s)