IMPLEMENTASI METODE QIRO’AH DALAM PEMBELAJARAN DARING BAHASA ARAB
Abstract
Membaca(Qiro’ah) merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dapat meningkatkan kemampuan daya berpikir siswa. Membaca text berbahasa Arab membutuhkan pemahaman frasa, klausa, kalimat, teks secara keseluruhan dan penguasaan tata bahasa yang baik agar dapat memahami dan menyerap informasi yang ada di bacaan. Pembelajaran selama pandemic yang dilakukan secara daring membuat guru berinovasi dalam setiap proses belajar mengajarnya,oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyingkap lebih dalam implementasi metode qiro’ah dalam pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan secara daring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang dilakukan di SMP Islam Terpadu Bakti Ibu Madiun. Responden dari penelitian ini adalah kelas VIII yang sudah memiliki kemampuan berbahasa Arab lebih baik dibandingkan dengan kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunkan dengan menggunakan observasi, wawancara , dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metode qiro’ah dalam pembelajaran daring dilakukan dengan tiga prinsip, yaitu: 1) prinsip prioritas untuk mengetahui aspek dasar yang harus dikuasai siswa; 2) prinsip ketepatan makharijul huruf dalam membaca teks; dan 3) prinsip penugasan yang diberikan Selama pembelajaran daring agar melatih siswa belajar bahasa Arab secara mandiri.