استخدام لعبة " Chicktionary " لترقية مهارة الكلام

  • Muflihah Muflihah
  • M Salik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: chicktionary, tematik, kata tanya

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran keterampilan berbicara  bahasa Arab dengan menggunakan kata tanya pada gambar tematik pada siswa kelas persiapan. Kelas persipan ini dikhususkan bagi santri yang baru memulai pembelajaran agama di pondok pesantren. Maka dari itu penggunaan media chicktionary  merupakan media yang sesuai untuk meningkatkan minat para siswa tahap awal dalam pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan pre tes dan pos tes. Pembelajaran untuk melatih keterampilan berbicara dengan menggunakan kata tanya pada gambar tematik ini mendapat sambutan baik dari siswa siswi. Tapi disisi lain sebelum pembelajaran dimulai sebaiknya terlebih dahulu mengenalkan kosa kata yang berhubungan dengan materi, agar siswa tidak menanyakan terus menerus disaat siswa sudah mulai berlatih untuk berbicara. Hasil pembelajaran melatih keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas persiapan pembelajaran dengan menggunakan kata tanya pada gambar tematik meningkat, hal ini bisa kita lihat dari nilai yang diperoleh siswa dari sebelum penerapan “penggunaan kata tanya pada gambar tematik dan sesudah penggunaan kata tanya pada gambar tematik. Untuk itu disarankan kepada guru bahasa Arab untuk menerapkan dan mengembangkan pembelajaran berbasis penggunaan kata tanya sebagai alternatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-18
How to Cite
MuflihahM., & SalikM. (2019). استخدام لعبة " Chicktionary " لترقية مهارة الكلام. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Era Milenial, 282 - 287. Retrieved from https://proceedings.uinsby.ac.id/index.php/KPBA/article/view/172