Pemimpin Profetik Dalam Memotivasi Kerja Personalia Pendidikan Melalui Pendekatan Spiritual Perspektif Al-Qur’an
Abstract
Manajemen Pendidikan Islam tidak hanya membahas sisi manajerial tanpa memandang perlu pada sisi psikologis seseorang. Kajian tentang manejemen pendidikan dari sudut psikologi sangat penting agar pemimpin dapat memberikan mandat kepada bawahannya sesuai dengan karakter dan kematangan seseorang agar tujuan dari organisasi pendidikan dalam lingkup satuan pendidikan dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan formulasi baru tentang motivasi kinerja personalia pendidikan melalui pendekatan spiritual berdasar pada Al-Qur’an. serta memberikan pemahaman tentang motivasi kerja yang akan mendongkrak kinerja personalia pendidikan dalam merajut cita-cita satuan pendidikan dari sudut pandang Al-Qur’an. Bagaimana Al-Qur’an memberikan tuntuanan kepada pemimpin dan para personalia yang ada di wilayah pendidikan untuk beraktifitas dengan motivasi tinggi dalam meraih tujuan dan sasaran satuan pendidikan yang telah dicanangkan dan dibebankan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan dalam meraih mutu pendidikan Islam yang sesuai tuntunan Al-Qur’an.