Manajemen Pengembangan Sumberdaya Manusia Pada Islamic Boarding School Di Indonesia
Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pengembangan tenaga pendidikan dan kependidikan Boarding School MTs dan SMA Al Qur’an Wahdah Islamiyah Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini terdiri dari pengurus yayasan, kepala MTs dan SMA serta Guru dan pembina Boarding School MTs dan SMA Al Qur’an Wahdah Islamiyah Kendari sebagai informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan 4 tahapan yaitu: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Penyajian data, dan 4) Penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Pengujian keabsahan data yang diperoleh dilakukan pemeriksaan keabsahan dengan triangulasi: sumber, teknik dan waktu pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan pada MTs dan SMA Al Qur’an Wahdah Islamiyah Kendari dimulai dari kegiatan perencanaan, prengorganisasian pegawai, pengembangan dan pengawasan tenaga pendidik dan kependidikan.
Kata Kunci: Manajemen, Pengembangan, Boarding School