تطبيق طريقة التعليم SAVI لترقية مهارة الترجمة من النصوص اللغة العربية
Abstract
Perkembangan Bahasa sejalan dengan perkembangan zaman. Hal ini menunjukkan bahwa mempelajari Bahasa sama saja proses menuju kemajuan. Pendidikan tidak hanya bertujuan untuk memberikan pengetahuan, hasil, Latihan, dan keterampilan saja, namun pendidikan harus mampu mendorong peserta didik dalam mengembangkan ilmu pengetahuannya dan juga pengalamannya yang telah mereka dapatkan sebelumnya untuk penemuan-penemuan baru serta untuk mendapatkan pengetahuan baru bagi mereka. Maka dalam pembelajaran penting bagi guru untuk menggunakan metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang menarik untuk diterapkan adalah metode SAVI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode SAVI terhadap keterampilan penerjemahan dalam Bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptrif kualitatif. Dengan Teknik pengumpulan data melalui kajian literatur, baik melalui buku-buku, jurnal, majalan, maupun website. Setelah data dikumpulkan, maka peneliti menganalisis dan menguji data dengan mengkomparasikan beberapa sumber dan diambil sumber yang paling terpercaya. Hasil penelitian ini adalah penggunaan metode SAVI untuk meningkatkan keterampilan penerjemahan adalah dengan melalui tiga langkah, yaitu tahap persiapan, tahap penyampaian, dan tahap pelatihan, yang ketiganya melibatkan somatis, auditori, visual, dan intelektual peserta didik saat proses penerjemahan.