Insersi Kearifan Lokal Melalui Kurikulum Satuan Pendidikan: Pendampingan Partisipatoris pada Guru PAI dan PPKn di Wilayah Komunitas Samin Bojonegoro

  • Sulanam UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Nuril Huda UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Samin, kearifan lokal, pendidikan agama Islam, pendidikan kewarganegaraan, transformasi sosial

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang aksi pendampingan partisipatoris dalam menginternalisasi nilai lokal atau kearifan lokal. Secara teknis aksi ini dilakukan melalui insersi nilai lokal berupa pitutur luhur yang dipegang kuat oleh komunitas Samin secara turun temurun melalui satuan pendidikan setempat. Sebagai sebuah aksi partisipatoris, pendampingan komunitas ini menggunakan pendekatan participatory action research (PAR) karena dalam prosesnya melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Selain itu, metode ini dipakai agar hasil yang diperoleh benar-benar mencerminkan hasil bersama dan dapat dikelola bersama oleh komunitas. Pendampingan ini melihat bahwa proses yang dilakukan secara partisipatoris dapat menjaga keseimbangan antara berbagai pemangku kepentingan, dan hasil-hasil yang diperoleh juga dapat dipelihara bersama oleh komunitas dan oleh pemangku kepentingan lain. Pendampingan ini melihat bahwa proses insersi nilai merupakan bagian dari institusionalisasi nilai komunitas, yang dilakukan dengan cara menyisipkan nilai-nilai Samin melalui mata pelajaran pendidikan agama Islam dan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

“Bojonegoro Kaji Pemindahan Makam Pendiri Ajaran Samin,” https://nasional.-tempo.co/read/711981/¬bojonegoro-kaji-pemindahan-makam-pendiri-ajaran-samin diakses pada tanggal 1 Juni 2022.
“Bupati Anna Resmikan Tugu Prasasti Sedulur Sikep,” https://bojonegorokab.go.id/¬be¬ri-ta/4043/bupati-anna-resmikan-tugu-prasasti-sedulur-sikep-samin diakses pada tanggal 1 Juni 2022.
“Festival Samin III Tahun 2019,” https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/¬bpnb¬yogya¬kar¬ta/¬-festival-samin-iii-tahun-2019/ diakses pada tanggal 1 Juni 2022.
“Khofifah Tetapkan Suku dan Ajaran Samin sebagai Warisan Budaya Tak Benda,” https://kumparan.com/kumparannews/khofifah-tetapkan-suku-dan-ajaran-samin-se¬bagai-warisan-budaya-tak-benda-1stgqdoToy4/3 diakses pada tanggal 1 Juni 2022.
“Melestarikan Ajaran Samin dalam Sebuah Festival di Bojonegoro,” https://tra¬vel.¬tem¬po.-co/¬read/11¬30505/melestarikan-ajaran-samin-dalam-sebuah-festival-di-bojonegoro diakses pada tanggal 1 Juni 2022
“Pandangan Hidup Komunitas Samin,” https://petabudaya.bela¬jar.kemdikbud.go.id/¬Repo-sitorys/adatsamin/ diakses pada tanggal 1 Juni 2022.
“Saminisme Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia,” https://media¬indo-ne¬sia.com/nusantara/260939/saminisme-ditetapkan-warisan-budaya-tak-benda-indonesia diakses pada tanggal 1 Juni 2022.
“Samino Samini, Wajah baru Komunitas Samin Masa Kini,” https://www.lipu¬tan6.-com/citizen6/¬read/2307009/samino-samini-wajah-baru-komunitas-samin-masa-kini diakses pada tanggal 1 Juni 2022.
Alamsyah. “Eksistensi dan Nilai-nilai Kearifan Komunitas Samin di Kudus dan Pati.” Humanika 21, 1 (2015).
Ardani, Yuristia. “Perubahan Budaya Orang Samin.” Skripsi. Universitas Airlangga Surabaya, 2009.
Azis, Munawir. “Identitas Kaum Samin Pasca Kolonia: Pergulatan Negara, Agama, dan Adat dalam pro-Kontra Pembangunan Pabrik Semen di Sukolilo, Pati.” Kawistara 2, 3 (2012).
Bahar, Moh. Syaeful, dkk. Model Partisipasi Berbasis Komunitas dalam Pembangunan Desa: Potret Masyarakat Samin & Tengger di Jawa Timur. Jakarta, Surabaya: Kerjasama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, UIN Sunan Ampel Surabaya, dan Pustaka Idea, 2021.
Hanifah, Umi. “Transformasi Sosial Masyarakat Samin di Bojonegoro.” Jurnal Sosiologi Agama 13, 1 (2019).
Hertanto, Aditya. “Nilai-nilai Moral dalam Ajaran Samin dan Relevansinya sebagai Sumber Pembelajaran Karakter dan Sejarah Lokal di SMA Negeri 1 Blora.” Skripsi. Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2019.
Hidayati, Nur Alfin dan Siti Aniqoh Shofwani. “Pemertahanan Identitas Karakter Budaya Masyarakat Samin di Desa Margomulyo, Bojonegoro.” Kredo Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 3, 1 (2019).
Hutomo, Suripan Sadi. “Samin Surosentiko dan Ajaran-ajarannya.” Majalah Basis XXXIV- 1 & 2 (1985).
Kirom, Syahrul. “Menerapkan Nilai Kearifan Lokal Budaya Samin dalam Pemerintahan di Indonesia.” Tamaddun Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam 9, 1 (2021).
Kurniawan, Indra Bagus dan Turnomo Rahardjo. “Representasi Nilai-nilai Ajaran Samin dalam Fil Lari Dari Blora.” Interaksi Online 9, 3 (2021).
Munawaroh, Siti, Christriyati Ariani, dan Suwarno. Etnografi Masyarakat Samin di Bojonegoro; Potret Masyarakat Samin dalam Memaknai Hidup. Yogyakarta: Kepel Press, 2010.
Purnomo, Agung Adi, Aris Munandar, dan Setiajid. “Partisipasi Masyarakat Samin dalam Wajib Belajar Sembilan Tahun di Desa Klopo Duwur, Kabupaten Blora.” Unnes Civic Education Journal 2, 2 (2013).
Rosyid, Moh. Kodifikasi Ajaran Samin. Yogyakarta: Kepel Press, 2010.
Wawancara dengan Djoko Lukito, Asisten Pemerintahan dan Kesra (Asistem I) Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, pada tanggal 21 Mei 2022.
Wawancara dengan Bambang Sutrisno, Generasi ke-5 Samin Surosentiko, pada tanggal 28 Mei 2022
Wawancara dengan Nuryanto, Kepala Desa Margomulyo, pada tanggal 4 Juni 2022.
Wawancara dengan Siti Nurhayati, Guru SDN Margomulyo II, pada tanggal 8 Juni 2022.
Wawancara dengan Mbah Hardjo Kardi, Sesepuh Samin Bojonegoro, pada tanggal 25 Juni 2022.
Published
2022-07-22
How to Cite
Sulanam, & HudaM. N. (2022). Insersi Kearifan Lokal Melalui Kurikulum Satuan Pendidikan: Pendampingan Partisipatoris pada Guru PAI dan PPKn di Wilayah Komunitas Samin Bojonegoro. Proceedings of Annual Conference on Community Engagement, 3, 379-390. Retrieved from https://proceedings.uinsby.ac.id/index.php/ACCE/article/view/1079
Section
Articles