استخدام اللعبة اللغوية “Riddles” لترقية مهارة الكلام
Abstract
Salah satu permainan bahasa yang dianggap menarik dalam belajar bahasa Arab adalah Riddles. Permainan ini merupakan suatu cara pembelajaran yang mewajibkan siswa untuk belajar banyak bicara dan banyak kosakata. Disamping itu siswa akan lebih semangat, saling mengenal antara lainnya serta meningkatkan ketrampilan berbicara siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode permainan “ Riddles” untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Pembelajaran untuk melatih keterampilan berbicara dengan menggunakan metode permainan “ Riddles” ini mendapat sambutan baik dari siswa. Namun disisi lain sebelum pembelajaran dimulai sebaiknya terlebih dahulu mengenalkan kosa kata yang berhubungan dengan materi, agar siswa tidak menanyakan terus menerus disaat siswa sudah mulai berlatih untuk bericara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan bahasa Riddles terbukti efektif.