استخدام برنامج E-MIND MASTER 6.2 كـوسيلة تعليم الإعراب علي أساس الخريطة الذهنية

  • Ilham Fatkhu Romadhon
  • M. Alfin Khoirun Na’im
Keywords: Pembelajaran, I’rab, E-Mind Master 6.2, Mind Map

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Arab, ada beberapa kesulitan dalam mempelajari i’rab di antaranya kurangnya pemahaman ilmu I’rab sehingga menyulitkan pembelajar bahasa Arab untuk mengatur kata-kata dalam susunan kalimat yang benar, adanya hubungan struktur antar kaidah yang kompleks, kurang menariknya media pengajaran perlu ditingkatkan media pembelajaran beserta inovasinya sehingga pembelajar bahasa Arab akan menjadi mudah dalam belajar dan memahami serta menghafal kaidah-kaidah I’rab. Metode peta konsep (Mind Mapping) merupakan cara terbaik bagi menjelaskan materi i’rob. Kelebihannya seperti membuat pikiran terstruktur, memudahkan hubungan antar materi, memudahkan pengingat materi, dan bersifat unik dan menarik. Dengan berkembangnya zaman maka diperlukan media modern pembelajaran berbasis Mind Mapping  tidak hanya pada media tulis konvensional tapi juga pada komputer (Computer-Based Media). Tujuan penulisan iniuntuk mempelajari kaedah-kaedah dalam ilmu i’rab dengan aplikasi E-Mind Map sebagai media pembelajaran I’rab yang variatif dan menjadikan proses pembelajaran lebih menarik dan dapat digunakan, baik penggunaanya yang mudah karena disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran untuk meningkatan kemampuan ketrampilan berbahasa Arab. Kelebihan penggunaan aplikasi ini adalah bentuk peta konsep yang instan sehingga memudahkan pembuatan, tampilan dengan pemakaian aplikasi yang mudah dengan tombol fungsi yang sederhana, User Interface menarik dan tersedia berbagai tema menyenangkan, ringan digunakan untuk berbagai kebutuhan peta konsep, dan dapat di eksport ke berbagai ekstensi (Versi Pro).

Published
2019-07-16