Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan melalui Program Kredit Usaha (KUR) Bri Situbondo

  • Nurul Azizah Universitas Ibrahimy Situbondo
  • Mohammad Armoyu Universitas Ibrahimy Situbondo
Keywords: pemberdayaan, masyarakat miskin, kredit usaha rakyat (kur)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pemberdayaan masyarakat miskin melalui kredit usaha rakyat (KUR) pada Bank Rakyat Indonesia kantor Cabang Situbondo Jawa Timur. Beberapa permasalahan pada penelitian ini adalah Bagaimanakah program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Rakyat Indonesia Cabang Situbondo dapat mewujudkan  pemberdayaan masyarakat miskin Dan Bagimanakah Bank Rakyat Indonesia Kantor cabang Situbondo dalam mengimplementasikan program Kredit Usaha Rakyat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif kontruktif. Simpulan hasil penelitian ini bahwa program Kredit Usaha Rakyat Bank Rakyat Indonesia di Kabupaten Situbondo Jawa Timur dapat mewujudkan pemberdayaan masyarakat miskin. Rekomendassi yang ditawarkan adalah Pembinaan dan pendampingan BRI Cabang Situbondo terhadap pemberdayaan masyarakat miskin melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) di kabupaten Situbondo. Salah satu tugas pokok Bank disamping menyalurkan kredit, juga sebagi fasilitator, motifvator dan melakukan pembinaan terhadap Debitur. Kepada interen manajemen Bank Rakyat Indonesia. Untuk Mempertimbangkan kebijakan yang telah dilakukan selama ini agar ditinjau ulang, menyeimbangkan target yang harus dicapai dengan kemampuan pekerja dalam mengelola acount. Sehingga mempunyai waktu untuk melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap para debitur, diharapkan usaha debitur lebih berkembang dengan menanamkan jiwa entrepreneurship sehingga kualitas kreditnya juga menjadi sehat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-28
How to Cite
AzizahN., & ArmoyuM. (2018). Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan melalui Program Kredit Usaha (KUR) Bri Situbondo. Proceedings of Annual Conference on Community Engagement, 737-754. Retrieved from http://proceedings.uinsby.ac.id/index.php/ACCE/article/view/96