Meningkatkan Potensi Mengajar melalui Pengkaderan Guru Ngaji di Desa Alasmalang Kabupaten Banyuwangi

  • Amirotun Nahdliyah Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi
Keywords: Potensi mengajar, pengkaderan guru ngaji.

Abstract

Desa Alasmalang termasuk kategori Desa yang sudah mulai berkembang dari waktu kewaktu, mulai dari tingkat pendidikan, ekonomi dan lain sebagainya, mayoritas penduduk desa Alasmalang bekerja sebagai buruh tani, buruh monte dan PNS. Disana jika dilihat dari masalah keagamaan Desa Alasmalang termasuk kategori Desa yang masih awam. Dengan berbagai perbedaan latar belakang yang di miliki warga setempat guru ngaji merupakan hal yang menjadi langkah dan sulit dalam pengkaderannya, dapat di rasakan bahwa kesedaran masyarakat setempat dalam hal menutut ilmu Al-Qur’an merupakan hal yang kurang menjadi perhatian bagi mereka. Disana terdapat beberapa Tempat Pendidikan Al-qur’an namun dalam pengelolaannya sangat kurang memadai, dari sarana prasarana yang alakadarnya dan gurunya hanyalah seorang saja dengan mengajar puluhan santri, tentunya hal ini juga sangat lah berpengaruh terkait dengan ketuntasan belajarnya. Potensi mengajar pada hakikatnya merupakan suatu sarana yang sangat berperan penting dalam membina dan mengembangkan pertumbuhan pribadi peserta didik. Seorang guru yang memiliki kemampuan atau kompetensi khusus akan mempunyai nilai yang berbeda dari guru lainnya. Agar terciptanya guru yang profesioanl maka perlulah pengkaderan- pengkaderan guru ngaji yang bermutu. Oleh sebab itu peningkatan potensi mengajar Al-Qur’an melalui pengkaderan Guru ngaji di Desa Alasmalang sangat butuh perhatian khusus guna untuk terus berjuang memperjuangkan Pendidikan Al-Qur’an dan selalu menumbuh kembangkan generasi Qur’ani sehingga terciptanya suatu Desa yang Aman dan Tenteram.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-28
How to Cite
NahdliyahA. (2018). Meningkatkan Potensi Mengajar melalui Pengkaderan Guru Ngaji di Desa Alasmalang Kabupaten Banyuwangi. Proceedings of Annual Conference on Community Engagement, 2, 719-736. https://doi.org/10.15642/acce.v2i.95
Section
Articles