Pelatihan Edutaiment sebagai Strategi Promosi Kesehatan bagi Peer Educator Kecamatan Kenjeran

  • Muthmainnah Universitas Airlangga Surabaya
Keywords: Remaja, Edutainment, Promosi Kesehatan

Abstract

Permasalahan kesehatan remaja Indonesia dari tahun ke tahun semakin kompleks. Permasalahan tersebut tidak hanya pada kesehatan secara fisik tetapi juga sampai pada kesehatan mental remaja. Angka kasus kesehatan remaja semakin meningkat seperti kasus narkoba, HIV, kehamilan yang tidak diinginkan hingga kasus bunuh diri. Oleh karena itu berbagai upaya dilakukan untuk mengatas permasalahan remaja tersebut mulai dari praktisi, akademisi maupun LSM. Berdasarkan penelitian diketahui hampir 100% remaja terpapar dengan edukasi kesehatan dengan metode ceramah dari berbagai sektor, yang dikenal dengan penyuluhan. Namun kenyataannya remaja menyatakan bahwa metode ini kurang efektif dan belum sesuai dengan karakteristik remaja. Remaja berharap upaya promosi kesehatan diberikan secara fun dan tidak menggurui seperti di sekolah. Maka dari itu Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga merancang pelatihan edutainment untuk peer educator Rumah Remaja yang sudah dibentuk sejak tahun 2011. Pelatihan edutainment bagi peer educator Rumah Remaja bertujuan untuk meningkatkan kemampuan remaja dalam merancang metode promosi kesehatan yang entertain atau fun sesuai dengan karakteristik remaja. Kegiatan pengmas dilaksanakan melalui metode participatory. Keterlibatan sasaran sangat berperan penting dalam keberhasilan kegiatan ini. Kegiatan ini diikuti oleh peer educator Rumah Remaja di Kecamatan Kenjeran. materi disampaikan melalui musik, aplikasi android, game, ice breaking dan metode emo-demo. Evaluasi pelatihan melalui pre-post test dengan aplikasi android “Kahoot”. Ada peningkatan pengetahuan remaja tentang edutainment sebanyak 96 %. Berdasarkan catatan proses, diketahui bahwa 98 % menyatakan pelatihan ini sangat menarik dan bermanfaat untuk merancang upaya promosi kesehatan yang entertain dan tidak membosankan. Remaja memerlukan upaya promosi kesehatan yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan dan kapasitasnya. Remaja perlu dilibatkan mulai dari awal program pemberntukan peer educator (perencanaan hingga evaluasi) supaya remaja merasa memiliki program dan mempunyai power untuk keberhasilan implementasi program.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-28
How to Cite
Muthmainnah. (2018). Pelatihan Edutaiment sebagai Strategi Promosi Kesehatan bagi Peer Educator Kecamatan Kenjeran. Proceedings of Annual Conference on Community Engagement, 2, 299-305. https://doi.org/10.15642/acce.v2i.63
Section
Articles