Pendampingan English for Tourism Berbasis Multimeda di SMA Pariwisata Al Hidayah Langon Jepara
Abstract
Pendidikan menengah kejuruan adalah pendidikan pada jenjang pendidikan menengah yang mengutamakan pengembangan kemampuan siswa untuk melaksanakan jenis pekerjaan tertentu. Salah satu tujuan khusus pendidikan menengah kejuruan adalah menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilihnya.
Mitra dari program ini adalah salah satu SMK di Jepara bernama SMK Al-Hidayah Langon Jepara yang memiliki jurusan yaitu perjalanan wisata. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil FGD yang dilakukan, salah satu permasalahan mitra yang utama adalah terletak pada proses pembelajaran yang berkaitan dengan kemampuan bahasa Inggris. Proses pembelajaran yang dilaksanakan mayoritas masih bersifat teori dan sangat minim untuk praktek. Selain itu, pembelajaran yang dilaksanakan masih menggunakan metode konvensional, sehingga sangat jarang menggunakan pembelajaran yang berbasis pada multimedia.
Metode yang kami gunakan dalam pengabdian ini ada 3 cara, yang pertama adalah memberikan motivasi kepada siswa mengenai public speaking, yang kedua memberikan pelatihan kepada siswa mengenai handling penumpang dan guiding berbentuk simulasi, dan yang ketiga adalah memberikan pelatihan berbasis pada multimedia tentang simulasi handling penumpang dan guiding. Adapun hasil dari pengabdian ini adalah : (1) siswa SMK Pariwisata Al-Hidayah Langon Jepara mendapatkan pengetahuan mengenai e-ticketing, handling, guiding secara komprehensif ;(2) Kepercayaan diri dan motivasi siswa SMK Pariwisata Al-Hidayah Langon Jepara meningkat; (3) siswa SMK Pariwisata Al-Hidayah Langon Jepara mampu mempraktekkan simulasi mengenai e-ticketing, handling, guiding dengan menggunakan bahasa Inggris.
Downloads
Copyright (c) 2018 Proceedings of Annual Conference on Community Engagement
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.