Peningkatan Ekonomi Komunitas Tukang Becak melalui Konversi Energi BBM-BBG

  • Ari Kusumaningsih Universitas Trunojoyo Madura
  • Cucun Very Angkoso Universitas Trunojoyo Madura
  • Dwi Kuswanto Universitas Trunojoyo Madura
Keywords: Konversi BBM, bahan bakar gas, komunitas tukang becak, peningkatan ekonomi

Abstract

Kondisi ekonomi indonesia yang belum menunjukkan pertumbuhan yang menggembirakan dengan tren menurun, menjadikan pembenar semakin banyaknya kegiatan ekonomi masyarakat yang cenderung beralih pada sektor informal, yaitu sektor pekerjaan yang di dalamnya tidak menuntut tingkat keterampilan dan pendidikan yang tinggi. Dengan banyaknya industri gulung tikar menambah kasus terjadinya pemutusan hubungan kerja. Hal ini menjadi pemicu bertambahnya jumlah angka penggangguran baru, yang berpotensi menimbulkan permasalahan-permasalahan sosial pada masyarakat. Oleh karena itu, salah satu sektor yang penting mendapatkan perhatian pemerintah adalah sektor tenaga kerja informal. Walaupun sektor ini hampir tidak tercatat dalam statistik ekonomi resmi suatu negara, namun aktivitas sektor informal memainkan peran penting sebagai sumber kehidupan sebagian besar penduduk di wilayah yang sedang berkembang.

Kehadiran becak motor menjadi salah satu solusi ditengah banyaknya permasalahan transportasi masyarakat dan dinamika ekonomi masyarakat bawah. Becak motor memiliki kelebihan dibanding becak tak bermesin (manual), selain lebih efektif karena mampu melakukan manuver dijalan-jalan alternatif yang menanjak, juga lebih efisien waktu sehingga energi yang dibutuhkan tukang becak tidak habis terkuras sehingga masih mampu melakukan aktifitas keekonomian lainnya.

Pemanfaatan dan penerapan teknologi sebagai bagian dari gerakan bersama dalam upaya penghematan energi serta dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam hal konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) dalam bidang transportasi, maka kegiatan ini dilakukan. Program kegiatan ini berusaha mengalihkan penggunaan BBM ke BBG oleh masayarakat bawah dalam hal ini Paguyuban Tukang Becak Motor sebagai upaya Indonesia mengurangi ketergantungan pada BBM, terutama di sektor transportasi.

Program Pengabdian Masyarakat ini merupakan hasil diskusi dan permintaan dari warga untuk mengurangi pengeluaran mereka ketika beraktifitas menggunakan BBM untuk mesin motornya. Program kerja yang dilakukan berfokus pada pengaplikasian alat konversi BBM ke BBG pada mesin Becak motor. Program Pengabdian Masyarakat ini telah berhasil melatih calon agent of change dari perwakilan anggota paguyuban tukang becak motor untuk menjadi teknisi dan penyebar informasi keunggulan konversi BBM-BBG.  Dari keseluruhan kegiatan menunjukkan mitra Pengabdian Masyarakat memiliki semangat yang kuat untuk meningkatkan keahlian mereka dalam usaha meningkatkan taraf ekonomi mereka

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-28
How to Cite
Kusumaningsih, A., Angkoso, C., & Kuswanto, D. (2018). Peningkatan Ekonomi Komunitas Tukang Becak melalui Konversi Energi BBM-BBG. Proceedings of Annual Conference on Community Engagement, 94-105. Retrieved from http://proceedings.uinsby.ac.id/index.php/ACCE/article/view/41