Pemberdayaan Wanita Mantan TKW melalui Pendampingan Usaha di Kabupaten Blitar (Strategi Pengurangan Arus Balik Tkw Ke Luar Negeri)

  • Deasy Tantriana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Pemberdayaan, Mantan TKW, Blitar

Abstract

Desa Wonorejo merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Masyarakat desa Wonorejo  kebanyakan bekerja sebagai TKW. Perlu adanya strategi khusus supaya mantan TKW tidak kembali lagi ke luar negeri. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk 1) Pelatihan manajemen rantai pasok dan pendampingan mengenai metode perencanaan produksi harian Untuk. 2) Pelatihan manajemen Pemasaran dengan pembuatan web commerce untuk mengoptimalkan proses marketing produk. 3) Pelatihan manajemen keuangan serta pendampingan untuk melakukan penataan pembukuan keuangan untuk usaha sejenis UKM. Pelaksanaan kegiatan diselenggarakan dengan multi metode yaitu: 1 metode observasi untuk menganalisis kebutuhan mitra yaitu kelompok mantan TKI/TKW yang telah merintis usaha sejak tahun 2011; 2) metode ceramah untuk membahas manajemen rantai pasok dan pendampingan mengenai metode perencanaan produksi harian 3) metode demonstrasi untuk memberi contoh dengan mempraktekkan secara nyata cara membuat web commerce untuk mengoptimalkan proses marketing produk 4) Memiliki kemampuan manajemen keuangan untuk melakukan penataan pembukuan keuangan untuk usaha sejenis 5) pendampingan dan monitoring pasca pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-28
How to Cite
Tantriana, D. (2018). Pemberdayaan Wanita Mantan TKW melalui Pendampingan Usaha di Kabupaten Blitar (Strategi Pengurangan Arus Balik Tkw Ke Luar Negeri). Proceedings of Annual Conference on Community Engagement, 75-85. Retrieved from http://proceedings.uinsby.ac.id/index.php/ACCE/article/view/39