Pemberdayaan Masyarakat Himpunan Penduduk Pengguna Air Minum (HIPPAM) Desa Balongdowo dan Desa Putat, Sidoarjo, Jawa Timur

  • Farida Hardaningrum Universitas Narotama Surabaya
  • Wiwin Agus Kristiana Universitas Narotama Surabaya
  • Ani Wulandari Universitas Narotama Surabaya
Keywords: HIPPAM, desa Balongdowo, desa Putat, sumur artesis, sambungan ke rumah

Abstract

Permasalahan sumber daya air terjadi di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Banyaknya industri dan indikasi terjadinya intrusi air laut di berbagai daerah membuat Kabupaten Sidoarjo mengalami ancaman permasalahan air bersih yang cukup serius. Untuk itu pemerintah berupaya membentuk komunitas yaitu Himpunan Penduduk Pengguna Air Minum (HIPPAM) yang merupakan wadah bagi masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada warga dari kekurangan dan keterbatasan terhadap air minum/air bersih. Permasalahan utama puluhan HIPPAM yang telah terbentuk di kabupaten Sidoarjo adalah, kurangnya kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan air bersih yang telah disediakan oleh pemerintah daerah, kurang mampunya masyarakat berpenghasilan rendah dalam menanggung biaya pemasangan sambungan ke rumah (SR) serta kurang terampilnya pengurus HIPPAM dalam mengelola administrasi organisasi.
Program Pemberdayaan HIPPAM Desa Balongdowo dan Desa Putat, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur menawarkan solusi yang diharapkan dapat dilaksanakan oleh mitra kegiatan, yaitu warga desa Balongdowo dan desa Putat. Adapun metode pelaksanaannya adalah: pertama memberikan penyuluhan tentang pentingnya pemanfaatan air bersih untuk kehidupan sehari-hari, kedua memberikan sebuah metode penjernihan air dan ketiga dengan memberikan pelatihan manajemen pengelolaan HIPPAM sebagaimana layaknya sebuah lembaga yang dapat memberi keuntungan dan masukan bagi kas desa.
Program ini juga bertujuan membantu masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendapatkan sambungan rumah dari sumber air HIPPAM, serta melaksanakan pemantauan terhadap air HIPPAM desa Balongdowo dan desa Putat yang berasal dari sumur artesis, baik dalam segi kualitas maupun kuantitasnya. Dari program ini juga diharapkan pengurus dapat mengelola organisasi HIPPAM dengan baik dan profesional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-28
How to Cite
HardaningrumF., KristianaW. A., & WulandariA. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Himpunan Penduduk Pengguna Air Minum (HIPPAM) Desa Balongdowo dan Desa Putat, Sidoarjo, Jawa Timur. Proceedings of Annual Conference on Community Engagement, 1066-1076. Retrieved from http://proceedings.uinsby.ac.id/index.php/ACCE/article/view/125