Pendampingan Masyarakat Perkotaan Pengalaman Pendampingan Manajemen Usaha Toko Kelontong Adira Rungkut Surabaya
Abstract
Paper ini merupakan pengalaman pendampingan manajemen usaha toko kelontong di Toko Adira Surabaya. Pendampingan toko kelontong ini bagian dari pelaksanaan KKN Ekonomi FEBI UINSA yang bekerja sama dengan Dinas Perdagangan Kota Surabaya. Fokus pendampingannya adalah pada manajemen keuangan, pemasaran, tata display toko, dan stocking barang.
Pendampingan ini menggunakan pendekatan ABCD. Melalui pendampingan dengan teknik ABCD ini, pemilik toko kelontong mampu menemukenali dan secara efektif memobilisasi aset sendiri yang ada. Hal tersebut dibuktikan dengan ide untuk menjadikan toko kelontong berbasis online yakni via telepon, sms, dan whatsapp. Ide tersebut direalisasikan dan pendamping membuatkan brosur baru yang lebih baik dari brosur yang lama.
Pemilik toko juga dapat mengartikulasi dan bekerja menuju pada masa depan yang diinginkan. Hal ini dibuktikan dengan inisiatifnya membuka usaha jasa pulsa, token listrik, dan jasa pembayaran. dapat mencatat keuangan toko dan memisahkan keuangan toko dengan lebih baik melalui pembuatan laporan keuangan sederhana (pendapatan, laba-rugi) dengan aplikasi Ms Excel. Pada akhirnya melalaui pendampingan ini, pemilik toko kelontong mampu memobilisasi asset dan peluang yang ada untuk mengembangkan toko kelontong agar lebih baik lagi.
Downloads
Copyright (c) 2018 Proceedings of Annual Conference on Community Engagement
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.